HomeBeritaPra launching Biketourism “Banjoemas kota lama”

Pra launching Biketourism “Banjoemas kota lama”

 

B2W Purwokerto – Bertempat di kecamatan banyumas, Selasa 31 agustus 2021 berlangsung launching acara “Banjoemas kota lama”. Karena masih dalam masa pandemi, acara tersebut hanya dihadiri beberapa anggota Bike2Work purwokerto saja, dan  Richard Denny Nahazon Noper atau Denny frust musisi dan juga pegiat sepeda yang juga ditunjuk sebagai Ambasador B2W Indonesia.

Acara ini merupakan salah satu dari program BikeTourism yang di buat B2W Purwokerto untuk mempromosikan potensi wisata di kabupaten banyumas dan Purwokerto Untuk Khusus nya Kota Banyumas . Program pertama BikeTourism kali ini mengangkat tema “Banjoemas Kota Lama”, yang rencana nya akan dilaksanakan di setelah pandemi ini selesai . Selanjutnya akan menyusul BikeTourism tempat lain. Acara ini bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Banyumas dan Desa Wisata Saudagaran serta Kelompok Wisata Lempengmas.

Di sampaikan oleh Pa Camat dan Ketua Lempengmas, bahwa Route sepeda yang rencana jadi BIKETOURISM ada sekitar 16 Spot titik Heritage, yaitu :

  1. Pendhapa Si Panji Banyumas
  2. nDalem Pangeranan & dr. Goembrek
  3. Jalan Pungkuran & Klentheng
  4. Kawasan Kuliner Tahu Gecot dan Bakmi Gareng
  5. Jembatan Kali Gawe
  6. Kampoeng Nopia Mino Pekunden
  7. Makam Bupati Banyumas
  8. nDalem Kanjeng Gendayakan
  9. Pohon Tembaga dan Pusat Ibukota Banyumas yang Pertama
  10. Kedung kambang
  11. Bangunan Rumah Sakit
  12. Gedung Karesidenan
  13. Titik 0KM Banyumas
  14. Tepian Sungai Serayu (Calon Pelabuhan)
  15. Homestay Banjoemas
  16. Alun-alun dan Masjid Agung Nur Sulaiman

Kali ini tidak semua bisa dikunjungi, Salah satu tempat yang akan menjadi tujuan Biketourism kali ini adalah Masjid Nur sulaiman banyumas. Masjid ini merupakan salah satu cagar budaya dikabupaten banyumas.

Masjid Agung Nur Sulaiman diperkirakan dibangun pascapembangunan pendopo “Bale Sipanji” atau setelah tahun 1755. Juru Pelihara Masjid Agung Nur Sulaiman BP3 Jateng Djoni Muhammad Farid mengatakan bangunan masjid tersebut merupakan bangunan khas Banyumas yang berbentuk limasan.

Bangunan masjid tersebut secara umum masih asli tanpa adanya penambahan ornamen baru. Bahkan, jendela-jendela di sekeliling tembok masjid masih menggunakan kayu jati.

Selain bangunan masjid nur sulaiman, kita  nanti juga akan mengunjungi tempat lain di “Banjoemas kota lama”. Untuk itu B2W Purwokerto akan selalu mensupport kegiatan MUBENG BANJOEMAS KOTA LAMA dengan naik sepeda. Semoga kdepan ada paket wisata Sepeda keliling Kota lama Banyumas Kata ENHA selaku ketua B2W Purwokerto.

Leave a comment